MEMBUAT ORANG LAIN MEMPERCAYAI PERKATAAN ANDA

Posted: 23 Juli 2011 in Other

Meyakinkan seseorang terhadap perkataan-perka​taan anda tidaklah lebih dari sekedar meyakinkan seseorang untuk menerima sebuah ide baru, mengupdate pengetahuannya atau mempercayai ide yang memang sudah ada. Tidak semua orang akan menerima ide anda, tetapi ada sebuah pola aturan yang semua orang akan tunduk terhadap pola aturan tersebut, dan jika digunakan dengan benar akan meningkatkan peluang anda untuk meyakinkan seseorang akan setiap ucapan anda.

Jika orang yang Anda ingin yakinkan telah memiliki pengetahuan sebelumnya atau pengalaman tentang apa yang sedang Anda coba untuk yakinkan, maka tujuan utama adalah untuk menggoyang keyakinannya dan membuktikan dia salah lalu mulailah menyuntikkan ide-ide anda ke kepalanya. Tetapi jika tidak, maka Anda bisa langsung mengutarakan pandangan anda sendiri.

Mengapa Saya Tidak Dapat Meyakinkan Orang Lain ?

Sebelum belajar bagaimana meyakinkan seseorang untuk percaya pada sesuatu atau untuk menerima ide Anda, Anda harus terlebih dahulu mengetahui alasan yang umumnya membuat orang tidak mempercayai anda:

1.Konflik Kepercayaan:

Jika ada seseorang yang berusaha meyakinkan anda bahwa bumi tidakklah mengorbit matahari, apa tanggapan anda ? Anda tidak mungkin percaya karena anda benar-benar tahu bahwa kedelapan planet mengorbit matahari, suatu hal yang anda lihat terbukti dengan benar dari waktu ke waktu. Anda sudah memiliki kepercayaan yang bertentangan dengan apa yang teman anda coba yakinkan. Jadi permasalahan orang tersebut adalah sistem kepercayaan anda sendiri.

2.Pengetahuan:

Semakin besar pengetahuan seseorang tentang sesuatu, semakin sulit untuk meyakinkan dia tentang sesuatu yang berbeda. Menurut anda apa yang akan terjadi jika Anda mencoba meyakinkan seorang profesor astronomi bahwa matahari hanya 1000 km jauhnya dari bumi ? Dia tidak akan pernah percaya Anda karena ia telah memiliki pengetahuan yang mendalam tentang hal tersebut dan dia mungkin telah membuktikannya sendiri secara ilmiah. Jadi, rintangan kedua untuk meyakinkan seseorang adalah tingkat pengetahuan.

3.Skeptis:

Orang-orang skeptis adalah orang-orang yang hampir meragukan segala sesuatu dan semua orang. Mereka hanya pernah mempercayai apapun kecuali mereka benar-benar yakin. Jika Anda berurusan dengan orang yang skeptis ini, maka kesulitan anda akan bertambah.

Bagaimana Meyakinkan Orang Untuk Percaya Pada Sesuatu ?

Berdasarkan hambatan-hambat​an tersebut di atas, maka kita dapat menerapkan beberapa tekhnik yang dapat memperbesar kemungkinan kita untuk meyakinkan seseorang. Tekhnik-tekhnik​ tersebut adalah:

1.Menggoyang Kepercayaannya:​

Semakin tegas dan semakin percaya diri ketika sedang berbicara tentang ide Anda, semakin tinggi kemungkinan anda untuk dapat menggoyang keyakinan orang lain (mengingat bahwa dia tidak punya banyak pengetahuan tentang hal yang anda bicarakan). Berbicara dengan percaya diri, gunakanlah bahasa tubuh, gerak-gerik dan nada suara yang penuh percaya diri maka Anda akan menemukan bahwa orang lain mungkin mulai meragukan kepercayaannya sendiri.

2.Merusak Landasan Pengetahuannya:​

Bahkan jikalaupun Anda cukup percaya diri saat berbicara, landasan pengetahuan seseorang bisa menjadi penghalang terserapnya ide-ide anda. Itu sebabnya mengapa meyakinkan dia bahwa Anda tahu lebih banyak daripada dia adalah lebih penting daripada mencoba meyakinkan dia tentang ide Anda sendiri karena jika Anda berhasil meyakinkan dia bahwa Anda tahu lebih daripada dia, Anda akan menjadi sumber yang terpercaya untuk pikiran bawah sadarnya dan akan jauh lebih mempermudah anda untuk “memprogramnya.​ Anda tidak perlu sihir untuk melakukan ini, Anda hanya harus siap dengan dokumentasi dan petunjuk yang tepat. Semakin jelas bukti Anda, semakin Anda akan dapat melemahkan landasan pengetahuannya dan dengan begitu anda dapat meyakinkan dia untuk melihat sudut pandang anda.

3.Memberikan Bukti untuk Orang-orang Skeptis:

Berbeda dengan kepercayaan orang-orang biasa, orang-orang skeptis dapat dibuat untuk percaya pada sesuatu yang baru asalkan Anda memiliki bukti yang jelas untuk membuktikan ide Anda. Semakin banyak petunjuk yang dapat Anda berikan untuk memperkuat argumen Anda, semakin mudah mereka meyakini anda.

4.Memprogram Pemikiran Bawah Sadar:

Pikiran bawah sadar dapat diprogram oleh pengulangan: semakin banyak perintah diulang, semakin dapat mengguncang keyakinan seseorang. Anda bahkan dapat membuat seseorang jatuh cinta kepada anda. ini bukanlah sihir, kepercayaan dibentuk oleh pengulangan, dan jika Anda berhasil mengulang suatu keyakinan dengan cukup, orang lain mungkin sebenarnya mulai percaya juga.

5.Percayai Ide Anda Sendiri:

Pengusaha yang selalu percaya bahwa ide-idenya adalah ide yang layak biasanya berhasil membangun bisnis yang sangat baik. Semakin Anda percaya pada ide Anda sendiri maka anda akan semakin percaya diri dan yang paling penting anda akan semakin tampil lebih meyakinkan ketika berbicara tentang ide-ide anda tersebut.

6.Pengulangan dan Hukum Ketertarikan:

Anda dapat membuat proses pemrograman pikiran seseorang yang bisa anda didistribusikan​ dari waktu ke waktu, yaitu setiap kali Anda bertemu dengannya Anda berbicara sedikit tentang ide Anda kemudian meninggalkannya​. Frasa yang telah Anda ucapkan kepadanya tidak akan dihapus oleh pikiran bawah sadar, kalimat-kalimat​ anda akan disimpan sampai sesuatu mengingatkan mereka. Sebagai contoh, jika Anda terus mengatakan kepada teman Anda bahwa ia adalah pengemudi yang buruk, ia mungkin tidak percaya Anda sampai ia kebetulan mengalami kecelakaan. Ketika ini terjadi, ia akan mengingat semua komentar Anda tentang keterampilan mengemudi dan akan yakin bahwa Anda benar.

Bagaimana ? Apakah anda siap meyakinkan orang ? Hmmm, bagaimana yah untuk meyakinkan seseorang bahwa anda mampu menelan sebuah rumah misalnya ?

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s