Ciri-ciri pesulap profesional

Posted: 23 Juli 2011 in Magic Art

Dalam sebuah pembicaraan santai (sambil diselingi kelakar) di sebuah cafe dengan beberapa sahabat pesulap, yang (sambil lalu) membahas tentang semaraknya komunitas sulap di negeri ini, ada seorang sahabat dengan lantang berbicara :

“Pesulap yang masih coba-coba biasanya gembar-gembor mengunggulkan permainan tricknya dan selalu ingin orang lain menganggapnya lebih hebat dari yang lain, sedang pesulap yang sudah jadi, lebih tenang menyikapi nomor-nomor pertunjukannya.​….”

Lalu sahabat itu melanjutkan :

“Pembicaraan pesulap yang masih coba-coba biasanya tentang trick dan rahasia trick di barengi demontrasi trick yang memukau, sedang pesulap yang sudah jadi selalu membicarakan tentang sikap hidup dan bagaimana menciptakan peluang dari keahliannya….​”

Banyak orang mengatakan bahwa sahabat yang berbicara lantang ini sudah bisa dibilang sebagai “pesulap profesional” (ini mungkin yang dimaksud sahabat tadi dengan istilah “Pesulap Yang Sudah Jadi”) karena trik-trik yang dimainkannya.

Eemmm… Mungkin itu ada benarnya. Sedikit menambahkan, jika menurut saya pesulap profesional (betul) bukanlah hanya mementingkan trik saja, namun juga aksi panggung, karakter, cara berbicara, tingkah laku dan lain sebagainya, termasuk menata managemennya secara baik.

Berikut ini (masih menurut saya lho) beberapa ciri-ciri yang harus dimiliki oleh Pesulap Profesional :
1.Memiliki Karakter yang kuat.
2.Pandai berbicara dengan baik.
3.Bertingkah laku baik.
4.Bermain sulap untuk menghibur bukan untuk pamer atau yang lainnya.
5.Menghargai pesulap lain.
6.Memiliki trik-trik hasil karya sendiri.
7.Mempunyai Aliran magic yang betul-betul dikuasai dengan baik (secara praktis dan teoritis).

Nah, itu tadi menurut saya ciri-ciri para pesulap profesional yang wajib dimiliki seorang pesulap (magician) profesional, selebihnya adalah keberanian seorang pesulap untuk mengambil keputusan dihidupi oleh sulap atau menghidupi sulap.

Berbicara masalah karakter yang kuat bagi pesulap, saya akan urun rembuk tentang itu, saya kali ini akan membahas :

“BETAPA PENTINGNYA STAGE PERSONALITY BAGI PESULAP”

Coba perhatikan, semua pesulap sukses memiliki satu kesamaan, yaitu karakter yang membedakan dirinya dari pesulap lain, atau disebut Stage Personality.

Houdini ketika pertama kali membangun reputasinya, dikenal dengan sebutan King Of Cards (Raja kartu) kemudian sebagai Handcuff King (Raja Borgol) dan sebagai The Man No Jail Can Hold (Manusia yang tak dapat dipenjara). Begitu kuatnya Houdini membangun reputasi tersebut, sehingga setelah delapan puluh tiga tahun kematiannya, masyarakat masih mengenangnya sebagai manusia yang ahli meloloskan diri atau Escapologist

David Copperfield sebagai Illusionist dengan skala besar, Siegfried & Roy Illusi dengan binatang-binata​ng buas, Penn & Teller, Bad Boys of magic, Andre Kole sebagai magician dengan pesan-pesan spiritual, , Lance Burton dengan sebutan Gentleman Magician, dan masih banyak lagi.

Masing-masing dari pesulap tersebut telah menemukan karakternya atau stage personality (magic personality) yang mempengaruhi cara mereka berpakaian (kostum), cara berbicara, tipe patter yang mereka gunakan, dan yang paling penting, sulap yang mereka presentasikan.

Pilihlah stage personality berdasarkan kelebihan yang ada pada diri anda sendiri. Apakah anda seorang yang memiliki kemampuan teaterikal yang bagus, dapat mendramatisasik​an keadaan, seorang pembicara yang baik, sebagai personal yang mudah berimprovisasi,​ atau memang sudah memiliki bakat melucu sejak kecil. Mungkin juga anda memiliki ciri khusus, seperti model rambut yang unik, badan yang atletis, masih muda. Atau bahkan memiliki saudara kembar identik.

Gunakan magic personality sebagai panduan untuk menyeleksi trick atau efek yang akan ditampilkan, sesuaikan dengan karakter yang anda perankan. Contoh, comedy magician Tom Mullica tidak akan memainkan efek mind reading yang serius karena ia sudah membentuk karakternya sebagai comedy magician. Penonton akan kecewa bila melihat Siegfried and Roy hanya memainkan trick kartu di panggung. Lebih aneh lagi jika melihat ivan christian menghilangkan seekor macan sebelum duduk memainkan trick-trick coinnya.

Kunci menemukan magic personality yang baik adalah mengembangkan semua potensi yang ada dalam diri. Tunjukan diri anda atau peran yang akan anda mainkan secara matang, jangan meniru mentah-mentah karakter dari pesulap lain, misalnya meniru David Copperfield seratus persen. Jujur pada diri sendiri, tunjukan keunikan anda dan kembangkan potensi anda.

Tidak ada trick yang jelek dalam seni sulap. Semua tergantung dari cara pesulap mempresentasika​n trick tersebut. Trick yang hebat dimata penonton hanya dapat dilakukan oleh pesulap yang sudah mempersiapkan dirinya dengan matang.

Kunci sukses dalam dunia sulap, adalah menetapkan karakter. Pilih karakter anda berdasarkan kelebihan yang ada dalam diri anda dengan kualitas yang unik, seleksi efek-efek yang akan dimainkan berdasarkan karakter yang dipilih, dan tetaplah konsisten. Kesuksesan otomatis akan mengikuti….

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s