Bagian & cara kerja pikiran

Posted: 22 Juli 2011 in Alam Bawah Sadar

Sebelum mempelajari hipnosis (hipnotis) tentu kita harus paham juga bagian2 dari pikiran dan juga cara kerjanya.
Lalu apa saja sih bagian2 dari pikiran kita itu?
dan bagaimana cara kerjanya?
semoga percakapan antara rekan saya Aris Amnoordan Virgoz Gonzales dibawah ini dapat memberi pengetahuan baru bagi para pembacanya.
cekidot gan….
 
Virgoz Gonzales : Ris, kemarin saya sempet baca status FB kamu tentang cara kerja pikiran dan hipnotis.
bisa jelaskan ke saya sedikit saja ris?
 
Aris Amnoor : Oke bang, saya jelaskan dengan MindModel dari gurunya mas Calvin Banyan (bukan Calvin Klein lho) yaitu Mind Model ala ‘Gerald F Kein’ yg menerangkan bahwa pikiran manusia terdiri dari :
– CONSCIOUS.
Conscious adalah pikiran sadar yang di identikkan dengan OTAK KIRI.
Saat bangbro membaca tulisan ini conscious bangbro bekerja secara aktif.
Adapun sifat dari conscious adalah KRITIS, RASIONAL, ANALISIS, ingatan jangka pendek.
 
– SUB-CONSCIOUS.
Sub-Conscious adalah pikiran bawah sadar identik dengan otak kanan.
sifat dari sub-conscious yaitu NETRAL, ingatan jangka panjang, juga tempat terbentuknya keyakinan.
maksudnya NETRAL, pikiran bawah sadar tidak tau baik, buruk, salah, atau benar data yg brhasil masuk dianggap OKE, dan data yg brhasil masuk akan disimpan secara permanen (jangka panjang).
pikiran bawah sadar disebut juga sbagai MEMORY BANK, ditempat inilah semua data sejak kita lahir sampai sekarang masih tersimpan dengan rapih, dan bisa kita Recall kapan saja.
 
– CRITICAL AREA.
Critical Area (CA) atau Raticular Activating System (RAS) adalah jembatan penghubung antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.
Ditempat inilah setiap data yg masuk akan diANALISA berdasarkan etika, logika,dll.
 
 
Virgoz Gonzales : Lalu bagaimana cara kerja pikiran kita ketika menerima data/informasi ris?
 
Aris Amnoor : dalam keadaan sadar kita menerima informasi melalui panca indera, yaitu penglihatan, pendengaran, sentuhan, pengecapan, penciuman, atau bahasa gaulnya sering disebut VAKOG (Visual Audio Kinesthetic Olfactory Gustatory).
Begitu conscious menerima data/informasi, data tersebut akan ditampung oleh Critical Area untuk dianalisa berdasarkan logika, etika,dll kemudian dimasukkan ke sub-conscious.
Contohnya saat mata (visual) bangbro membaca tulisan ini (data) Critical Area bangbro sangat aktif menilai/analisa, jika menurut Critical Area tulisan ini dinilai tidak penting maka langsung dibuang, tapi jika menurut CA tulisan ini baik (menguntungkan) maka akan diteruskan dan disimpan rapih dipikiran bawah sadar bangbro.
gitu bang…
 
 
Virgoz Gonzales : ya ya ya.. saya sedikit paham sekarang.
tapi apa hubungannya dengan hipnotis ris?
 
Aris Amnoor : ya jelas ada hubungannya, hipnosis kan komunikasi dengan pikiran bawah sadar, jadi harus paham mekanisme pikiran dong bang.
 
Virgoz Gonzales : bisa jelaskan atau kasih contohnya ris?
 
Aris Amnoor : Gini bang, orang dalam kondisi terhipnotis kan Critical Area nya sudah dilumpuhkan untuk sementara saat proses induksi, jadi hypnotist (pelaku hipnosis) bisa berkomunikasi atau mengirim data langsung ke pikiran bawah sadar tanpa harus dianalisa oleh Critical Area.
hehe.. jadi mau disuruh ‘berdiri sambil joged’ pun org yg trhipnotis susah untuk menolak, yg ada hanya ‘OKE,SIAP,LAKSANAKAN’ kenapa?? karna pikiran bawah sadar itu NETRAL.
Lain lagi jika perintah itu disampaikan dlm keadaan sadar, perintah (data) harus dianalisa dl oleh Critical Area, “ngapain gw harus joged?’ apa gunanya? apa untungnya? kenapa? mengapa?”.
hehe… udah ngerti bang?
 
 
Virgoz Gonzales : Wuih… mantap kali penjelasannya ris.
hmm.. kalau boleh saya simpulkan, brarti pelaku hipnotis harus bisa melumpuhkan Critical Area ya?
 
Aris Amnoor : Yup… betul.
lebih tepatnya harus paham dan mahir.
hehe… apa artinya kalau hanya bisa melumpuhkan Critical Area tapi gak paham cara dan teknik ‘memberi data’ (sugesti)? karna memberikan data juga ada aturan mainnya :p
 
Virgoz Gonzales : owh… ada aturan tertentu ris?
 
Aris Amnoor : ya iyalah… masak ya iya dong.
tuh banyak banget org yg bisa hipnotis tapi sering gagal, ya karna mereka belajar ditempat yg salah atau tidak melakukannya sesuai aturan main :p
wkwkwk….
 
Virgoz Gonzales : Hahaha… thanks berat ris sharingnya, saya jadi minat nih pengen belajar hypno.
 
Aris Amnoor : sama-sama bang, ilmu kan memang untuk dibagi bukan hanya sekedar untuk koleksi.
silahkan bangbro segera ambil keputusan untuk menghubungi saya sekarang atau nanti, karna saya juga pensaran dengan manfaat dahsyat apa yg bangbro dapet setelah belajar sama saya🙂
 
hehe… smoga brmanfaat🙂

Sumber: http://hypnosistem.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s